Struktur Pasar

     Pasar adalah tempat bertemunya antara pembeli dan penjual. Di dalam pasar pastinya terdapat penjual yang menjual barangnya kepada pembeli dan pastinya pembeli mencari barang yang dia inginkan dari pasar tersebut. Setiap pasar memiliki struktur yang berbeda. Macam-macam struktur pasar adalah sebagai berikut

A. Pasar Persaingan Sempurna

    Pasar Persaingan sempurna adalah pasar yang didalamnya terdapat banyak pembeli dan penjual. Dan setiap aktivitas didalamnya tidak mempengaruhi keadaan pasar. Dinamakan persaingan sempurna karena tidak mempengaruhi keadaan pasar tersebut. Penjual didalam pasar tersebut menghasilkan produk yang sama dan juga harganya murah. Sehingga ciri-ciri dari pasar Persainga nsempurna yang paling terlihat adalah sebagai berikut

  1. Barangnya serupa
  2. Perusahaannya mudah keluar dan masuk
  3. Perusahaannya penerima harga
  4. Pemerintah tidak ikut campur tangan
Pasar Persaingan Sempurna merupakan pasar yang paling ideal. Tetapi Pasar Persaingan Sempurna tidak pernah ada, karena setiap produk yang dihasilkan pasti akan memiliki diferensiasi.

B. Pasar Monopoli

    Pasar Monopoli, sesuai dengan namanya yaitu monopoli berarti sebuah penjual atau satu perusahaan yang menguasai pasar tersebut. Dalam pasar monopoli suatu industri menghasilkan sebuah produk yang tidak memiliki pengganti sempurna. Karena tidak memiliki pengganti sempurna tersebut suatu perusahaan dapat menguasai bahan inti tersebut, menguasai teknik produksi, dan dapat mengontrol harga produk di pasar. Ciri-ciri yang paling tampak dari pasar persaingan monopoli adalah sebagai berikut
  1. Hanya terdapat satu penjual
  2. Produknya tidak ada penggantinya
  3. Hambatannya sangat kuat
  4. Menguasai harga
  5. Kurang perlunya iklan
Karena penjual tersebut menguasai pasar, penjual bisa melakukan tindakan yang disebut diskriminasi harga. Diskriminasi harga terjadi agar dapat menarik konsumen dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, misalnya pada daerah A harga dari produk tersebut mahal, kemudian pada daerah B harga produknya murah. Karena pada daerah B pendapatan rata-rata penduduk lebih sedikit dari penduduk daerah A.

C. Pasar Oligopoli

    Pasar oligopoli adalah struktur pasar dimana didalamnya terdapat beberapa penjual atau perusahaan yang menguasai pasar. Sama halnya dengan pasar monopoli, perbedaan dari keduanya adalah pada pasar oligopoli dikuasai oleh dua atau lebih perusahaan sementara pada perusahaan monopoli hanya dikuasai oleh satu perusahaan. Sehingga kedua pasar ini memegang segala keadaan pasar tersebut seperti mengatur harga, sumber daya dan sebagainya. Sehingga ciri-ciri yang sangat menonjol dari pasar Oligopoli adalah sebagai berikut
  1. Penjualnya hanya ada beberapa
  2. Terdapat hambatan
  3. Pengontrolan harga jadi perlu dipertimbangkan dengan perusahaan lain
  4. Mempunyai ukuran standar
  5. Adanya perang iklan
Pada pasar oligopoli, hambatannya untuk masuknya sedikit berat. Karena untuk perusahaan yang sudah berdiri sejak lama telah mendapatkan reputasi atas nama perusahaannya. Sehingga konsumen mungkin lebih mengenal produk yang dijual perusahaan yang sudah berdiri sejak lama tersebut dibandingkan produk perusahaan yang baru mulai. Oligopoli bisa terjadi karena ada persetujuan antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya, atau karena secara tidak sengaja seperti mendapatkan saingan yang ketat.

D. Pasar Persaingan Monopolistik

    Pasar Monopolistik ialah pasar dimana terdapat banyak penjual, tetapi hanya menjual satu jenis produk. Karena penjualnya banyak dan produknya hanya satu, maka pada setiap produk yang mereka produksi pasti memiliki diferensiasi. Sehingga konsumen biasanya dapat memillih produk sesuai selera mereka masing-masing. Maka dari itu terjadilah persaingan antar perusahaan. Sehingga Ciri-ciri yang paling tampak dari pasar tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Penjualnya banyak
  2. Produknya bervariasi
  3. Hambatan untuk memasuki dunia industri kecil
  4. Akan terjadi perang iklan
Karena penjualnya banyak untuk satu jenis produk, biasanya persaingannya akan lebih ketat. Perusahaan akan lebih giat dalam melakukan promosi dan mendorong diri mereka masing-masing untuk membuat sebuah inovasi kepada produk yang mereka buat. Tujuannya adalah agar produk mereka dapat memenuhi selera konsumen tersebut. Dan sama halnya dengan oligopoli, biasanya produk yang sudah lama dikenal oleh masyarakat akan lebih gampang untuk melakukan kegiatan ekonomi dipasar tersebut. Sehingga produk yang baru akan mengalami sedikit kesulitan untuk menarik minat masyarakat.

Referensi
1. https://insanpelajar.com/struktur-pasar/
2. https://www.slideshare.net/ChaJonas/makalah-struktur-pasar-20521998

Comments

Popular posts from this blog

Birthday Party 5: Malzy dan Mira (Indonesia)

Tugas 14 Algoritma dan Pemrograman Kasus Teknik Elektro - Project Smart Trash Bin

Pengangguran dan Inflasi